Analisis Jurnal Perilaku Konsumen
Minggu, 20 Oktober 2013 >>04.55
Analisis Perilaku Konsumen Terhadap Suatu Produk dan Bagaimana Konsumen Mendapatkan Kepuasan Maksimal pada Produk Tersebut
Konsumen adalah setiap orang pemakai barang dan/atau jasa yang tersedia dalam masyarakat, baik bagi kepentingan diri sendiri, keluarga, orang lain, maupun makhluk hidup lain dan tidak untuk diperdagangkan.
Perilaku konsumen adalah proses dan aktivitas ketika seseorang berhubungan dengan pencarian, pemilihan, pembelian, penggunaan, serta pengevaluasian produk dan jasa demi memenuhi kebutuhan dan keinginan. Perilaku konsumen merupakan hal-hal yang mendasari konsumen untuk membuat keputusan pembelian. Untuk barang berharga jual rendah (low-involvement) proses pengambilan keputusan dilakukan dengan mudah, sedangkan untuk barang berharga jual tinggi (high-involvement) proses pengambilan keputusan dilakukan dengan dengan pertimbangan yang matang.
Analisis Konsumen Terhadap Produk Blacberry
Saat ini perkembangan elektronik sangat cepat sekali, apa lagi mengenai alat komunikasi seperti HandPhone. Sekarang ini yang yang menjadi tren di kalangan masyarakat adalah Blackberry. Dari mulai pembisnis, mahasiswa, karyawan hampir semuanya menggunakannya.
Pada era sekarang ini hasrat konsumen dalam menentukan pilihan sangat beraneka ragam, pasar selalu menawarkan jenis-jenis produk dengan fitur canggih sehingga konsumen di bingungkan dengan pilihannya, akan tetapi di sisi lain juga pengaruh konsumen dalam menentukan produk di tentukan oleh harga, selera/tren masa kini dan juga fitur yang di tawarkan. Pada pembahasan ini saya ingin membicarakan selera konsumen yang di pengaruhi oleh harga, tren dan fitur yang di berikan sehingga konsumen tidak di bingungkan dengan pilihannya. Kita mengenal banyak sekali pilihan dalam menentukan smart phone yang akan kita gunakan adapun kelebihan dan kekurangan dari smartphone blackberry yang kita pilih akan tetapi itu semuanya tidak lepas dari komponen -komponen :
1.HARGA
Harga merupakan faktor penting dalam menentukan pilihan produk dengan harga terjangkau dan kualitas yang bagus akan menentukan pilihan dari konsumen, blackberry merupakan produk masal yang di pasarkan di indonesia dengan harga yang relatif murah itu semua di sebabkan oleh banyaknya atau tipe blackberry yang di pasarkan dari harga yang relatif murah sampai dengan harga yang mahal ,seperti contoh harga BB BOLD 9000 untuk saat ini hanya d hargai Rp.900.000 beda halnya dengan BB dakota 99000 di hargai Rp.5.000.000
2.fitur dan kelebihan
Berikut kami rilis beberapa kelebihan perangkat SmartPhone BlackBerry :
Dengan BlackBerry anda dapat melakukan chating dengan berbagai macam media seperti Yahoo Messenger, Google Talk (GTalk), Blackberry Messengger (Chat Asli bawaan BlackBerry) secara real time. Chatting dengan rekan atau teman yang ada diluar negeri atau dimana pun dengan gratis dan realtime dengan BBM. Anda bisa Telpon dan SMS seperti handphone biasa pada umumnya. Namun keunggulannya kemudahan dalam mengetik (QWERTY) yang memudahkan dan mempercepat anda dalam mengetik pesan, chat atau email. Bisa digunakan sebagai GPS yang akan memandu anda dalam perjalanan. Sehingga anda tidak akan tersesat ketika sedang berkendara. Anda dapat mengirim email dan menerima email sebanyak-banyaknya. Dengan kompresi dua kali (content dan komunikasi) sehingga kita bisa mendapatkan push email real time/web lebih cepat dan menghemat bandwidth. Anda dapat membuka emailpun lebih cepat karena kompresi yang sempurna dari RIM. Anda dapat mengirim dan menerima email semudah mengirim dan menerima sms. Anda dapat melakukan browsing internet kapan saja dan dimana saja. Anda dapat menerima RSS dengan bantuan software Vigo. Anda dapat membuka video dengan mudah dengan Media Player. Anda dapat terhubung dengan internet via WiFi. Tersedianya ribuan aplikasi baik berbayar ataupun gratis yang dapat kita download sesuai dengan kebutuhan. Demikian keunggulan-keunggulan BlackBerry yang dapat kami tulis dan masih banyak lagi keunggulan-keunggulan lain yang bisa anda rasakan jika menggunakan perangkat SmartPhone BlackBerry ini.
3.Tren
Tren pada era modern saat ini budaya sangat mempengaruhi perilaku konsumen di Indonesia dalam menetukan atau memilih produk yang diinginkan ini semua tidak bisa lepas dari kehidupan yang melaju pesat. Oleh karenanya tren merupakan faktor penting dalam menentukan suatu produk. Contoh: banyak masyarakat memilih menggunakan smarthphone balckberry karena tren masa kini. Karena teknologi sudah semakin maju kebutuhan akan konsumen tidak pernah cukup.
sumber : http://dwisucisaraswaty.blogspot.com/2013/06/analisis-perilaku-konsumen-terhadap.html