Konflik
Senin, 10 November 2014 >>07.07
1. Teori
Konflik adalah adanya pertentangan yang timbul di dalam seseorang (masalah intern) maupun dengan orang lain (masalah ekstern) yang ada di sekitarnya. Konflik dapat berupad perselisihan (disagreement) , adanya keteganyan (the presence of tension ), atau munculnya kesulitan-kesulitan lain di antara dua pihak atau lebih. Konflik sering menimbulkan sikap oposisi antar kedua belah pihak, sampai kepada mana pihak-pihak yang terlibat memandang satu sama lain sebagai pengahalang dan pengganggu tercapainya kebutuhan dan tujuan masing-masing.
Substantive conflicts merupakan perselisihan yang berkaitan dengan tujuan kelompok,pengalokasian sumber dalam suatu organisasi, distrubusi kebijaksanaan serta prosedur serta pembagaian jabatan pekerjaan.
Emotional conflicts terjadi akibat adanya perasaan marah, tidak percaya, tidak simpatik, takut dan penolakan, serta adanya pertantangan antar pribadi (personality clashes ). Dalam sebuah organisasi, pekerjaan individual maupun sekelompok pekerja saling berkait dengan pekerjaan pihak-pihak lain. Ketika suatu konflik muncul di dalam sebuah organisasi, penyebabnya selalu diidentifikasikan dengan komunikasi yang tidak efektif yang menjadi kambing hitam.
2. Contoh Kasus
Maraknya Shopping Online di Indonesia melalui media sosial atau jasa website jual-beli online menyebabkan banyak kejadian-kejadian. Seperti barang yang dipesan tidak sesuai atau bahkan penipuan dalam shopping online . Bahkan penipuan dalam shopping online pun semakin banyak. Tetapi penipuan dalam shopping online tidak terjadi dari para penjual, terkadang para pembeli yang ingin membeli barang suka melakukan penipuan seperti sudah melakukan transfer yang ternyata pembeli tersebut belum melakukan transfer.
3. Analisis
Menurut saya dalam melakukan transaksi dalam shopping online harus mencermati dengan baik. Seperti sudah berapa banyak orang yang sudah membeli melalui feedback atau testimonial, shopping online tersebut sudah pernah masuk akun-akun blacklist atau belum dan dicermati barang-barang yang dijual.
Sedangkan untuk menghindari pembeli yang menipu para pemilik akun shopping online harus sering-sering memberikan informasi kepada akun shopping online yang lain dan juga melihat dari akun-akun blacklist.
Dan akun-akun blacklist menurut saya sangat bermanfaat karena akun blacklist sangat berguna memberikan informasi yang dibutuhkan para pembeli atau penjual yang sangat menggemari shopping online.
4. Referensi
the-divider.blogspot.com/2013/03/pengertian-konflik.html?m=1